Selasa, 03 Juni 2008

antara TEKNIK PLANOLOGI dan ARSITEKTUR..

oh well, pertanyaan ini udah lamaaaaaa bgt berputar entah jutaan Lap di otak gw.
dan seriously, ini bikin pusing.

lagi-lagi alhamdulillah, Sekolah arsitektur, perencanaan dan pengembangan kebijakan - sappk itb udah menerima gw. Ya! arsitektur! dari gw kelas 2SMA udah mengidam-idamkan tempat itu. menggambar, membuat bangunan, tapi masih lebih teknikal daripada seni rupa murni.

tapi lalu the cheering moments has changed.
sekitar 2 minggu setelah pengumuman bahwa gw diterima di fakultas sappk itu, which is isinya cuma ada 2 program studi yaitu Teknik Planologi dan Arsitektur, gw malah jadi bingung dan berniat banting setir ke Teknik Planologi.

gw yakin pasti banyak yang dalem hatinya," apaan tuh Planologi?"

si wedi bilang, "ilmu tentang tanaman ya, Gem?" gw yakin dia kira ada hubungannya sama tanaman atau PLANTation.

atau juga kebanyakan orang, "Planologi, apaan tuh ya?".

baiklah, asal katanya itu adalah Plan atau Rencana. Plan - Rencana, Log - Ilmu.
Sebetulnya nama resminya jurusan Tek. Planologi (PL) adalah Perencanaan Wilayah dan Kota, masih belom ngerti juga?
OK, bahasa awamnya Tata Kota. Perencana Pembangunan.

pasti semuanya langsung pada mengernyit, "Tata kota? unh...I don't think soo..."
yang terbayang pasti kelar kuliah kerjanya di pemerintahan.
Ya! Memang idealnya kaya gitu.
*gw yakin pada males deh langsung.
Tapi tunggu dulu!! Dari hasil searching",friendster-ing, dan facebook-ing, gw nemuin lulusan2 PL ada juga, malah kayanya ga sedikit yang kerja di Bank.
BAIK! cukup penjelasan singkat tentang Planologi.
BACK TO TOPIC!

*terus kenapa masalah lo, Gem?

Gw sekarang lagi bingung banget antara dua pilihan itu, si PL atau si Arsitektur (AR).
masing2 menawarkan hal berbeda.
DAN sebelomnya gw mau ngingetin kalau berikut ini cuman pendapat gw aja, mungkin aja ada yang lebih tau, makanya sok atuh diisi komen-nya,sumbang-sumbang pendapat juga euy.

AR.
gw rasa ini progr.studi (prodi) yang kuliahnya gueee banget, desain mendesain, gambar-menggambar, blah blah. walaupun gw belom tau ya nanti kuliahnya seperti apa. tapi gw pernah dapet brosur AR-ITB waktu gw dateng OpenHouseITB Februari 2007 kemarin. YES! memang isinya banyak gambar-menggambar.studio. dan lain-lain.
TAPI satu hal yang bikin gw jd ogah kalo gw pikir soal ini,
AR itu gw bilang mirip sama FK, lo lulus-lulus ya tidak lain dan tidak bukan ya akan menjadi seorang Arsitek, sedangkan FK lo juga lulus-lulus akan menjadi seorang Dokter.

temen gw ada yang bilang,"Lho, bagus dong,Gem? Kerjaannya jelas dong?"
Nah, justru gw takut dengan gw jadi arsitek, gw ga lagi bisa bersentuhan dengan dunia lain selain area itu.phewh.

PL.
yang satu ini, gw kebayang nanti kalo lulus gw akan berkantor, jadi orang kantoran lah pokoknya. Soalnya denger-denger, PL itu mirip sama Tek. Industri, of course it's not the whole thing, but @least there's something in common between them,
"ada belajar Manajemen juga!"
, itu dia! Manajemen! ini kata Sena temen gw anak 8 yang keterima di SAPPK juga.
Jadi orang kantoran? haha. Jujur gw memang membayangkan diri gw kerja di perkantoran yang wah, bilangan Sudirman, jadi Eksmud (eksekutif muda), ganteng (:p), gaji besar, dandy.
tapi satu hal yang gw kurang suka dari PL adalah, (sepertinya nih ya,ini sepertinya) kuliahnya banyak juga yang non-eksak.

temen gw anak PL2005, Sofwan, berusaha meyakinkan gw bahwa PL bukan sepenuhnya teknik yang non-eksak,"Beneran, Gem! PL tu ga sebegitu non-eksaknya, PL itu menggunakan dasar-dasar eksak yang ujung-ujungnya harus dibenturkan sama keadaan sosial masyarakat", behh berat emang deh si Sofwan kalo ngomong.
juga ada mas Tony, alumni SMA 8 juga tapi angkatan 97, sempat kerja di CitiGroup, sekarang di Danamon sebagai Swap Trader, dia bilang "... pada akhirnya ilmu planologi itu bukanlah merupakan ilmu eksakta."
Ok, gw simpulkan, dasarnya hitung menghitung, lalu tumpahkan itu di masyarakat, jadi gejolak atau tidak? wah seru nih kayanya (sekaligus berat juga).

pada intinya, sampai saat ini gw menganggap PL lebih fit to me dalam hal pekerjaannya yang lebih luas nantinya.
sedangkan untuk AR, kuliahnya yang (sepertinya) gw banget.

Nanti, kalau udah kuliah, gw bercita-cita lulus Cum Laude, dan apply beasiswa S2. Dan jangan lupa, pengen jadi eksmud. *HAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHA.

sekarang, gw mau minta tolong temen-temen semua yang udah baca buat bantuin gw mikir,
at least tinggalin komen biarpun cuman sedikit, tentang pertanyaan ini..
gw lebih suka jawaban yang sifatnya "nyetanin" gw untuk semangat buat masuk ke Prodi yang temen-temen dukung, misalnya lo dukung PL, maka setanin lah gw supaya gw makin pengen masuk PL, atau misal lo dukung AR, juga sama..
biasanya, pikiran gw akan goyah kalo lo menyertakan contoh-contoh sukses orang yang kuliah di tempat itu..
yang penting gw minta dukungan entah itu PL atau AR disertai alasan. ok?

atau juga yang mau ngasi koreksi dan juga tambahan-tambahan tentang pikiran dan pendapat gw terhadap PL dan AR, silakan komennya..

PLEASE DUDESS!! I NEED UR HELP AND COMMENTSS...
thanks a lot. *tampang gw udh desperate nih.

*FYI, saat ini sappk-meter di otak gw lagi menunjukan minat gw 80% cenderung memilih PL. yang mau bikin persenan buat AR nambah hayuu kasi komen pliss...yang mau bikin gw makin mantep ke PL juga hayuu.. ayo teman2. gw harap bantuannya.

20 komentar:

Prima Massabumi mengatakan...

gema temennya andhiqs...
i think u should pick architecture

kenapa?
karena kata temen2 gw yang di plano itb, di plano tuh banyak belajar teori2 perencanaan, ilmu2 sosial dan regulasi..
jadi menurut gw arsi lebih oke, ilmu di plano mungkin orang akan lebih mudah mempelajarinya sendiri

kalo arsi, jelas hanya orang2 "tertentu" yang bisa mempelajarinya. ilmunya lebih langka dan lebih susah orang awam buat mempelajarinya

anyway terserah lo sih, masih taun depan juga. but believe me, someday lo bakal ngerti kenapa gw nyuruh lo masuk arsi..

cheers,
Prima Massabumi

ps: anyway kunjungin blog gw dong
http://massabumi.blogspot.com

A m a n d a mengatakan...

halooo gema ini amanda janeh hehe :)

gemblong, kan td kata lo kalo AR tu kaya dokter, lulus2 udah pasti jadi arsitek. SALAH gemmmm!

CEO (presiden direktur) PT. IBM Indonesia itu lulusan AR ITB loh gem. namanya Betty Alisjahbana. padahal kan IBM gak ada hubugannya sama AR sama sekali. dia juga tadinya calon ketua IA-ITB, tapi kalah sama si Hatta Rajasa. coba di google aja gem.

jadi kalo lo nggak mau AR karena takut bakal pasti jadi arsitektur doang, yaaa jangan atuh gem. banyak banget kok yang kerja kantoran juga. bahkan salah satunya jadi presdir perusahaan multinasional ky gitu kan hehehehe.

sori nih kalo sotoy gem, tapi gue cuma pengen lo jadi suksesss dan kaya rayaa. ntar gue pelet abis gitu. hahahahahaha

okee deh seeyou(:

gema satria mengatakan...

ohmaigat..kenapa arsitektur semuaaa ahuhu..
ayo2 adalagi???

kennya rinonce mengatakan...

Teknik planologi aja !
Masih jarang banget loh lulusan planologi , sedangkan menurut info yang gue baca,pekerjaan yang SANGAT dibutuhkan untuk 5-10 tahun kedepan yaa PLANOLOGI .

Kalo archi , gue rasa udah buanyakkk banget . Kebayang saingan kerjanya juga bakal repot..hahaha sotoi

yah..intinya mah lulusan PLANOLOGI masih sangat dibutuhkan selama negri ini masih membangun.okeh ?

tapi sebenernya gue juga lagi bingung menentukan kedua jurusan itu hahahhahaaha..

Anonim mengatakan...

oi gemaa
arsitek aja udah,, eh udah keterima ya? hoho
sippo, gw add blogroll yak..
sering2 liat blog eke ya.. hoho
http://cokelatputih.wordpress.com

Arimbi mengatakan...

hoi gem!
kalo gw bilang, mending lo jalanin aja setaun and u will find the answer dengan sendirinya. beneran deh, eventhough lo dah nulis plus minus semuanya but it will still very hard buat nentuin sesuatu karna lo takut kehilangan resiko yang satunya lg

kalo lo dah tpb setaun, begaul ama anak2 yg pasti juga banyak yg punya dilema kayak elo, entar jg lama2 lo bakal tw sendiri jalannya.

mending gitu, skarang lo banyak2 cari tau aja info ttg dua2nya

*comment gw gak membantu ya? tp dr pengalaman gw sih gitu, kalo udah waktunya entar bakal ada jalannya sendiri kok

Unknown mengatakan...

Hi Gema,

Gw ngga ikutan kasi polling ya..
coz this is ur life, I think u must follow ur calling

Temukan suara hatimu.. pasti pilihan lo ngga salah dech.
Uhmm.. tapi dimana sih suara itu n gimana memastikan kalo dia ngga salah?
Jawabannya ada dalam diri lo sendiri..(iihhh ribbett.. pasti lo b’pikir bgt khaann..)

Ini gw kasi lo 4 pertanyaan yang kudu lo sendiri yang jawab yaakk:

Kebutuhan apa si yang lg lo rasain terkait dengan peran yang sedang lo jalanin sekarang? misalnya : karena lo skrng lg jalanin kuliah, niyy gw kutip dari tulisan lo sendiri “Lulus Cum Laude, dan tepat 4 tahun!” (that’s ur really need)

Trus tanya lagi, bakat apa si yg lo punya untuk menuhin kebutuhan itu?

And then tanya lagi lebih dlm, dari beberapa pilihan kesempatan yang ada, pastikan kesempatan mana yang lo melakukannya dengan bergairah (punya dorongan kuat buat ngejalaninnya, kt lainnya minat, ambisi)

Terakhir, tanya sama suara lembut di hati lo alias nurani lo apakah ia memberikan dorongan untuk lo benar-benar mengambil keputusan / tindakan tsb (psst katanya nurani itu ngga pernah salah lo, ia selalu mengutarakan kebenaran, cuma kita aja yg sering ga mo dnger)

Kalo lo bisa jawab semua pertanyaan itu dengan positif pasti dech lo bisa pilih dengan kyakinan penuh, AR or PL.

Semoga membantu ya gem... good luck!

Salam kenal
Nalina

Amarizni mengatakan...

Kak Gema....
Salam Kenal!
Dari SMA 8 mana nih?Jakarta tau Bandung?
Wah Selamat ya yang baru masuk SAPPK!

Sy anak 8 Bandung kls 3 yang malah lg bingung mkirin jurusan antara Planologi dan Mikrobiologi!

Tapi untuk kak Gema, mnurutku mending jalanin aja dlu setaun kuliah umum dlu kan?!

Kumpulin data2 dlu antara AR dan PL.
Kalo dah lengkap,,baru deh putuskan menurut hati yang paling DALAM dan keyakinan jiwa yang KUAT!

Yakin deh yourGod will give you The Best!

thika mengatakan...

klu gw blg planologi itu bkn cuma bwt kerja dibank atau pemerintahan tapi juga bs ngbntu qt jd pngusaha, politikus, atau mgkn manajer suatu perusahaan..
maen bersih, pake otak, n sama sprti arsitektur yaitu menggambar..
tapi bedanya planologi lebih identik dengan gambar peta dan segala kebutuhan dengan masyarakat..
klu lw emang orngnya sosialis (dlm arti peduli sesama dan ga egois) gw yakin lw bakal betah hidup dlingkungan planologi tapi klu kga ya mngganggap planologi thu cma bwt kerja dibank ntarnya atau masuk CPNS..
gw anak baru yang ga knl planologi..
tpi setelah beberapa minggu ini ikut acra PMB senior dan mnjalankan segenapa acara yang ad lalu mulai belajar dan menjadi bagian dari planologi gw yakin 1 hal sekarang bahwa hidup untuk kesejahteraan bangsa ini adalah yang utama..
*klu lw masih peduli ma bangsa ini..
hhee

Unknown mengatakan...

Loe social science maniac ato maniak ilmu eksak. Loe tanya diri loe JAUH cenderung kemana. Liat ya, gw pake capital tu kata "jauh". Maksud gw, kalo BENER2 GAK SUKA (gw kapital-in lagi, dan gw bakal kapital-in semua kata yang loe mesti perhatiin baik2)sama ilmu2 sosial, jauh lebih afdol milih arsitek.

alesannya:

1. bener bahwa planologi masuk kategori engineering(simpelnya, gelarnya aje ST, sarjana teknik alias bachelor of engineering) tapi SEBAGIAN BESAR mata kuliahnya bukan eksakta. gw bisa bilang 70%-an sosial.

2. loe baru bener2 bisa nemu planologi yang FULL berkutat sama angka2 dan perhitungan2 matematis saat loe udah menspesialisasikan diri dalam satu bidang keahlian planologi TERTENTU misal transportasi, pembangunan infrastruktur. Karena gak semua sub keahlian khusus planologi FULL berkutat sama perhitungan matematis.

3. banyak opini di luar yang bilang "sarjana planologi bakal banyak dibutuhin loh". Faktanya, kalo loe emang abis lulus mau kerja di daerah, katakanlah di pemda kabupaten/kota/propinsi, dan concern ngebangun daerah pernyataan tadi emang ada benernya. LOgika orang2 biasanya gini" sekarang kan era otonomi daerah, banyak pemekaran wilayah, jadi pasti banyak dibutuhin para planner di daerah2". make sense kan? kalo loe kerja di pusat, ada beberapa idepartemen yang biasanya nerima plano yaitu PU, Bappenas, Kimpraswil dll (googling ndirii yaks)

4. opsi lain adalah kerja di konsultan perencanaan. Namun ada satu hal yang mesti loe tau. Kalo loe sebagai arsitek ngerancang bangunan, udah pasti loe ngerancang bangunan yang biasanya PASTI BAKAL DIBUAT/diimplementasikan. Sebagai Planner, rancangan loe- RTRW, RDTR- belum tentu diimplementasikan. Kenapa? karena yang punya wewenang buat mengimplementasikan ato kagak adalah pemerintah. Dan biasanya, pemerintah nyewa konsultan buat bikin rencana tata ruang tuh cuma sekadar "ngabisin anggaran" bukan bener2 pengen menata ruangnya. Poin gw adalah, kalo loe JAUH lebih suka hasil kerja loe gak cuma numpuk di perpus, mending jangan pilih planologi. Kecuali kalo loe sendiri adalah implementator tata ruang-nya (aka. loe sebagai pemerintah). Selain itu kerja di konsultan perencanaan gini sangat musiman karena dana proyek dari pemerintah tuh gak tiap saat turun, jadi biasanya pekerja konsultan perencanaan kayak petani yang rame kerjaan saat musim panen tapi abis panen selese nganggur lagi.

5. Buat gw sendiri, yang gw ambil dari planologi adalah pola pikirnya yang general dan multi disiplinary. Karena di planologi loe belajar banyak ilmu biarpun cuma kulit2nya aja. Makanya gw sering bilang "planologi itu tau banyak hal tapi gak tau apa2". Kerjaannya kira2 kayak manajer lah, yang ngumpulin banyak orang dari banyak keahlian buat nyelesein satu masalah. Die tau basic2 ilmu tu orang2 tapi gak tau banyak.

6. Buat orang yang menganut "spesialisasi" dan "engineer minded", planologi sangat gak cocok.

7. Buat orang yang muntah2 begitu jaman sma disuruh belajar sosiologi, geografi (geografi rada asik dikit sebenernya) dan ilmu2 sosial lainnya maka pertimbangkan ulang buat memilih planologi

8. buat orang yang begitu dikasih soal matematik, logika langsung jumpalitan seneng. Makin gak ngerti tu soal makin khusyu ngerjain dan tambah asik,planologi bukan ilmu yang cocok dipelajari.

9. karena loe udah di sappk, loe liat aja langsung mata kuliah2 di planologi buat mastiin loe suka gak sama kuliah2nya. Tanya "kuliah ini tentang apa sih, nyang ono bahas apa?" biar loe dapat gambaran.

Triyan Arief Wibowo mengatakan...

Planologi saja bro...gue udah semster 3 di situ dan prospek kedepannya lebih menjajnjikan. sekarang kakak gue juga alumni planology itb sekarang bekerja di kantor cabang PBB di jakarta. fresh graduate gaji perbulannya 20 jt

Nelly Ifada mengatakan...

Halo kak!! Salam kenal!

aku baru baca postingan ini, jujur aja, postingan ini bener bener cocok banget sama yang aku rasain sekarang
Sama kayak kak gem dulu, aku juga galau mau milih AR apa PL -,-
Nah kan udah hampir 6 taun berlalu nih sejak postingan ini dibikin, aku harap kak gem buka blog ini lagi terus nyeritain endingnya jurusan apa yang kakak pilih hmm.. gimana rasanya terus akhirnya prospeknya gimana, bla bla bla
Aku berharap banget, soalnya ini aku lagi galau tingkat dewa, bentar lagi tanggal 17 feb harus ngisi jurusan yang mau diambil buat snmptn,
Aku udah nyoba cari info dimanamana, tapi masih belum bisa nentuin AR apa PL -_-

God bless you, kak!

Unknown mengatakan...

gema satria saya dari jurusan planologi,saya mau bertanya kepada anda,Apakah anda bisa menggambar?

Unknown mengatakan...

gema satria saya dari jurusan planologi,saya mau bertanya kepada anda,Apakah anda bisa menggambar?

Unknown mengatakan...

gema satria saya dari jurusan planologi,saya mau bertanya kepada anda,Apakah anda bisa menggambar?

dindaamar mengatakan...

kak gema jadi pilih mana? share pengalamannya dong :)

Unknown mengatakan...

Hai guys..
Pertama sya milih PL(PLANOLOGI)
krna sya juga sdang menduduki bidang itu hihihihi..
Jdi gini ya guys kalau planologi itu pengetahuanya luas,dan menurut sya ya guys,planologi lebih unggul dri pada AR(arsitek)..kenapa lebih unggul?
Karena planologi itu mempelajari suatu wilayah,merancang suatu wilayah dan memperkirakan suatu wilayah, yg akan bagaimana suatu bangunan akang berfungsi dgn maksimal.
Sedangkan arsitek hanya bkin bangunan.
Skrang gini dg bhasa sederhananya.
Kan tdk mungkin bangunan berdiri tnpa wilayah.jadi intinya tempat dulu baru bangunan,bukan bangunan dlu baru tempat

Ok guys mngkin hnya itu pnjelasan sederhananya PL dan AR.
Klu ada yg mau komplent silakan blas coment sekaligus bagi" pengalaman

Peanut841 mengatakan...

gue juga bigung pilih jurusan PL ato Ar--"

Rosmini mengatakan...

Kak gema, jadi gimana sekarang? Lanjut di AR or PL.?

Unknown mengatakan...

Kak Gemaa, ayo sharing lagi pengalamannya, jadi pilih planologi atau arsitek nih? Saya duduk di kelas 12 lagi bimbang banget, mau pilih pwk atau arsi:(